kepergian mbah marijan

KEPERGIAN juru kunci Gunung Merapi, Mbah Marijan, tak hanya menghiasi halaman depan media-media di Indonesia. Media internasional pun mengangkat kepergian pemilik nama Raden Mas Panewu Surakso Hargo dalam liputan khusus.

Channel NewsAsia (CNA) misalnya, menurunkan liputan khusus tentang dokumentasi Mbah Marijan dengan durasi cukup panjang. CNA memasukkan wawancara dengan abdi dalem Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat itu, termasuk kiprahnya saat menjalankan upacara labuhan di Sri Manganti dan Kendit, dua tempat yang tak seberapa jauh dari pucuk Merapi yang dikeramatkan dan menjadi lokasi upacara.

CNA bahkan memuji loyalitas Marijan. Dalam closing dokumenter itu, CNA membuat catatan tentang Marijan. “Kepergiannya dalam posisi bersujud, menunjukkan dedikasi dan loyalitas mengemban amanah,” tulis CNA.

Jaringan televisi CNN juga memberi porsi cukup lama tentang kepergian Mbah Marijan. Dalam dokumenter berdurasi hampir tiga menitan, CNN menurunkan laporan tentang loyalitas Marijan yang kepergiannya membuat ribuan orang berduka. Bahkan CNN menjadikan kepergian Mbah MArijan itu sebagai bagian dari berita utama dengan judul berita Twin Disasters.

Rata-rata, media internasional menyebut sosok Marijan dalam beragam sebutan. Ada yang menyebutnya dengan nama gatekeeper, ada pula yang menyebutnya spiritkeeper.

Sedangkan harian The Independent mengutip ucapan Mbah Marijan sebagai judul; ‘It’s better for me to just stay here and pray’ (Lebih baik bagiku untuk tetap di sini dan berdoa).

Ya… dan seperti diketahui, memang akhirnya Mbah Marijan meninggal dunia akibat awan panas yang lebih dikenalnya dengan sebutan wedus gembel. Namun nama Mbah Marijan dan kematiannya dalam posisi sujud, ternyata malah membuat namanya melambung di dunia internasional.(ara/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s